Wakaf BNI Syariah : 8993000091
ZIS BNI Syariah : 7762290000

PATUT DITIRU, TADARUS QURAN MODEL MASJID AL MARJAN

Masjid Kita Bersama - Permata Depok Regency

PATUT DITIRU, TADARUS QURAN MODEL MASJID AL MARJAN

مَا شَاءَ اللَّهُ لا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّه

Sungguh atas kehendak Allah semua ini terwujud, tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.” (QS. al Kahfi: 39).

Geliat dakwah di Masjid Al Marjan, Perumahan Permata Depok Regency, Depok, Jawa Barat, cukup fenomenal, khususnya Tadarus Keliling per RT dari rumah ke rumah di malam bulan Ramadhan. Dan hal ini patut menjadi percontohan bagi Masjid dan perumahan lain.Photo from Cak Cecep

Masjid Al Marjan ini mempunyai moto : Keluargaku Sorgaku, Tetanggaku Saudaraku, Perumahanku Pesantrenku.

Salah satu program Perumahanku Pesantrenku adalah menjadikan rumah-rumah warga sebagai kelas-kelas Pesantren, untuk belajar atau ngaji. Bentuknya pengajian bulanan, tadarus keliling per RT di buln Ramadhan, dll.

Melalui Tadarus Quran Ramadhan, Pengurus Masjid mentargetkan warga muslim bebas buta huruf al quran, rumah muslim disinggahi dan dibacakan alquran, sekaligus menjadi sarana kampanye subuh berjamaah dari rumah ke rumah dan kegiatan lainnya.

Kegiatan tadarus keliling per RT telah dilakukan sejak 2008, dengan program piloting di RT 06 RW 10 Ratujaya, Cipayung, Depok. Kemudian sejak 2009 kegiatan ini menjadi program rutin Masjid Al Marjan dan dilaksanakan di RT-RT se Perumahan Permata Depok Regency.

Photo from Cak Cecep(1)

Alhamdulillah atas ijin Allah SWT, tercatat ada 16 RT yang menyelenggarakan tadarus, dan ada 11 RT yang keliling dari rumah ke rumah di malam Ramadhan.

Respon warga tampak menyambut gembira, banyak yang ikut dan bersedia menjadi tuan rumah. Rata-rata peserta per malamnya sekitar 15 orang. Peserta tertinggi tercatat mencapai lebih dari 30 untuk di RT 06.

Dampak dari kegiatan tadarus keliling ini, alhamdulillah lingkungan hidup, hubungan antar warga cair, saling berkunjung, silaturahim antar Tetangga, bahkan tidak sedikit program RT yang dibahas pada saat tadarus. Selain itu, dakwah masuk ke rumah-rumah, tidak hanya di masjid.

Photo from Cak Cecep(4)
Pengurus Masjid Al Marjan dalam sambutannya menyampaikan pesan, jangan sampai tetangga berkunjung ke rumah kita saat kita meninggal, untuk membaca surat Yasin. Melalui tadarus inilah, tetangga kita berkunjung ke rumah kita dalam rangka mengaji, dengan muka ceria, dan kita bisa menyambutnya dengan suasana bahagia, bahkan berbagi hidangan dengan tetangga.

Semoga tadarus keliling dari rumah ke rumah mendatangkan keberkahan bagi tuan rumah dan lingkungannya.

Leave a Reply